Download LKS Ikatan Kimia Berbasis Konstruktivisme

Alhamdulillah , puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis konstruktivisme materi ikatan kimia untuk SMA/MA kelas X dengan baik.

Lembar Kerja Siswa (LKS) ini disusun dengan pendekatan konstruktivisme, sebuah pendekatan yang mengedepankan proses dalam pembelajaran sehingga diharapkan siswa mampu menemukan dan membangun sendiri pemahaman konsep materi ikatan kimia. LKS ini memuat 8 materi pokok yaitu: struktur Lewis, ikatan ion dan ikatan kovalen, ikatan  kovalen koordinasi, senyawa kovalen polar dan non polar, ikatan logam, sifat fisik senyawa, gaya antar molekul serta bentuk molekul.

Tersusunnya LKS ini tidak lepas dari dorongan dan bantuan dari berbagai pihak. Atas bantuan semua pihak di atas LKS ini dapat terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu penulis menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya LKS ini dengan baik terutama kepada Dr. Sri Haryani, M.Si selaku dosen pembimbing dan Retno Suherni, S.Pd., M.Si selaku guru pamong. Semoga dengan adanya LKS ini bisa mempermudah peserta didik untuk memahami materi kimia khususnya pada ikatan kimia.

LKS ikatan kimia ini disusun dengan mengacu pada Kurikulum 2013. LKS ini disajikan dengan pendekatan konstruktivisme, sebuah pendekatan yang mengedepankan proses dalam membangun pemahaman materi. Materi dalam LKS ini disajikan secara sederhana tanpa mengurangi konsep-konsep kimia dasar yang disampaikan. Dengan adanya LKS ini diharapkan siswa mampu menanamkan pemahaman secara mendalam karena siswa sendiri yang mengkonstruksi pengetahuan tersebut.
LKS Ikatan Kimia Berbasis Konstruktivisme
Karakteristik LKS ikatan kimia ini adalah:
  1. Penyajian materi menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh siswa.
  2. Dalam setiap LKS tidak banyak materi dan teori yang disampaikan.
  3. Pendahuluan pada setiap bagian awal LKS hanya sebagai pengetahuan dasar siswa untuk mengembangkan pengetahuan berdasarkan kegiatan yang disusun.
  4. Penyampaian materi dilakukan melalui kegiatan yang disusun secara bertahap untuk membangun pemahaman siswa.
  5. Setiap materi yang disajikan dilengkapi dengan ilustrasi maupun gambar untuk mempermudah  siswa dalam memahami konsep.
Kalian bisa mengunduh LKS Ikatan Kimia berbasis konstruktivisme tersebut melalui tautan berikut.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Download LKS Ikatan Kimia Berbasis Konstruktivisme"